PERANCANGAN ALAT BERMAIN UNTUK EDUKASI DARI SAMPAH BUNGKUS MAKANAN RINGAN
ABSTRAK. Perancangan��� produk ini bertujuan untuk dapat memanfaatkan sampah bungkus makanan ringan. Adapun latar belakang penulisan ini karena sampah bungkus makan yang menjadi salah satu jenis sampah terbanyak, dan sulit diolah kembali. Hal itu terjadi karena Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat produksi sampah kedua terbanyak. Indonesia juga sering kali menerima pengiriman sampah bungkus plastik yang dikirimkan secara ilegal dari beberapa negara, karena letak indonesia yang strategis dan merupakan negara maritim. Begitu banyak program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi sampah dengan berbagai macam kerja sama. Dengan komitmen bahwa Indonesia dapat mengurangi sekitar 70% sampah pada tahun 2025. Sampah bungkus makanan yang tidak dapat diolah kembali dikumpulkan dan lalu dibakar, hal tersebut malah menimbulkan polusi udara yang beracun. Dari perancangan ini diharapkan produk dapat digunakan dan menjadi berarti bagi masyarakat, mampu pula untuk dapat mengurangi sampah bungkus makanan yang ada di Indonesia. Perancangan ini dirancang dengan proses eksplorasi terhadap material bungkus makanan ringan, untuk dapat melihat bagaimana karakteristik dari bungkus makanan tersebut dengan dilakukannya beberapa teknik. Perancangan ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan edukasi dari bungkus makanan yang menggunakan material sampah bungkus makanan dan mengurangi pandangan Indonesia sebagai negara dengan tingkat produksi sampah . Sampah bungkus makanan yang sering tidak dianggap atau tidak berharga bisa menjadi hal yang menarik dan unik, menjadi salah satu yang sering digunakan dan dapat menjadi sebuah alat edukasi.
Kata kunci: Sampah, Indonesia, Mengurangi���