Dari Sepatu Hingga Krayon, Ini Dia 4 Brand yang Punya Konsep "Eco-Friendly"

Difa Salsabila | 01 Dec 2021

Sampah merupakan salah satu masalah tersulit yang dihadapi negara berkembang maupun negara maju di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang menghasilkan sampah sebanyak 67,8 juta ton pada tahun 2020. Kehidupan manusia dengan segala aktivitasnya tidak bisa terlepas dari sampah. Hal ini terjadi karena sampah merupakan hasil dari aktivitas manusia, baik berupa kegiatan keluarga maupun industri. Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk akan terus bertambah sehingga bisa menyebabkan berbagai jenis sampah dalam jumlah yang banyak.


Dalam mewujudkan Indonesia bersih bebas sampah, pemerintah sudah mengatasi permasalahan tersebut dengan kebijakan pemerintah yang disebut Jakstranas. Selain kebijakan pemerintah, inisiatif masyarakat tentu menjadi faktor pendukung yang paling penting untuk dapat mengurangi jumlah sampah di Indonesia. Berbagai ide dan inovasi tentang tema mengenai ini sudah dapat ditemukan di banyak perusahaan rintisan yang antusias dan inisiatif lain di Indonesia maupun luar negeri.


Simak berikut ini 4 penemuan brand bisnis yang bermanfaat untuk mengurangi sampah di dunia. 


1. Huskee - coffee cup dari ampas kopi dengan desain minimalis



Sumber : https://www.instagram.com/huskeecup/


Setiap tahun ada 500 miliar kemasan bawa pulang menumpuk di tempat pembuangan sampah. Dengan adanya permasalahan tersebut, Huskee yang berasal dari Australia datang dengan ide mengelola ampas biji kopi bekas jadi reusable coffee cup nan estetik. Karena terbuat dari bahan yang alami, sifat termal dari kemasan ini membuat kopi menjadi tahan panas dengan waktu yang lebih lama. Saat ini Huskee cup sudah memiliki 2 warna yaitu natural dan charcoal. 


2. Pijakbumi – kontemporer sneakers yang terbuat dari ban bekas