Less Waste More Love: Webinar & Workshop

Finding Value in Your Waste

Berdasarkan Data Statistik Lingkungan Hidup, Indonesia diperkirakan menghasilkan sampah 64 juta ton setiap tahunnya. Dari 64 juta ton, 69% berakhir di TPA, 24% dibuang secara ilegal, dan 7% didaur ulang. Nilai 69% dan 24% pada data tersebut mengindikasikan masih banyak masyarakat yang memiliki paradigma bahwa sampah adalah barang buangan yang tidak bernilai sehingga dapat dibuang begitu saja. 

Padahal, dalam rangka mewujudkan Indonesia Bersih 2025, pemerintah menetapkan target agar sampah dikelola 100% dengan pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah 70%. Pengurangan sampah sebesar 30% dapat dilakukan dari sumbernya dengan mengurangi sifat konsumtif dan juga mencegah sampah (yang masih memiliki nilai pakai atau jual) terbuang ke TPA dengan cara memakai atau mendaur ulang. Salah satu tugas saat ini adalah meningkatkan persentase angka sampah yang didaur ulang 7% untuk membantu mencapai penguragan sampah sebesar 30%. Hal ini tentu bisa dicapai salah satunya dengan bijak berkonsumsi atau mengurangi produksi sampah. Namun tantangan terbesarnya adalah mengubah paradigma masyarakat agar dapat melihat sampah yang dihasilkan masih memiliki nilai manfaat dan ekonomi sehingga sampah tidak langsung dibuang. Hal ini erat kaitannya dengan konsep Reuse (memakai ulang), Repurpose (memanfaatkan ulang), dan Recycle (mendaur ulang). 

Pada Webinar sebelumnya telah dijelaskan bahwa Rethink-Refuse-Reduce adalah langkah awal yang penting dalam 7R Sustainability. Namun proses tidak berhenti di situ selama kita mengkonsumsi dan menghasilkan sampah. Tantangannya adalah bagaimana sebelum memutuskan untuk tidak membuang sampah kita dapat memanfaatkan dengan cara “memakai ulang” (Reuse) sampah tersebut, atau “memanfaatkan ulang” (Repurpose), dan “mendaur ulang” (Recycle). Berangkat dari fakta-fakta di narasi sebelumnya, memahami bagaimana sistem persampahan (Waste Management) dan daur ulang (Recycling) di Indonesia dapat menjadi salah satu langkah untuk menambah wawasan dalam menjalani less-waste lifestyle. Pada gerakan kali ini, Bumi Buddies mengadakan Webinar sekaligus Workshop untuk menerapkan Reuse, Repurpose, dan Recycling di rumah dengan mudah.

  • 19/12/2020 s/d 20/12/2020
  • 09:30 - 15:00
  • online (via zoom conference). kunjungi bumibuddies.org untuk melakukan pendaftaran