Yuk, Upcycle!

fai | 21 Apr 2021

Fesyen akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini juga turut mendorong kamu untuk tetap up-to-date dengan gaya busana terbaru, bahkan terdorong untuk membeli pakaian baru yang sedang trend saat ini. Tapi tahukah kamu kalau industri fesyen saat ini berkontribusi terhadap gas emisi karbon di udara kita saat ini?


Berdasarkan BBC (2020), secara global, industri fesyen berkontribusi sebanyak 10% terhadap emisi gas rumah kaca dan dalam memproduksi kainnya itu sendiri menghasilkan 1,2 milyar gas rumah kaca ke atmosfer setiap tahunnya! Adapun data ini juga didukung dengan meningkatnya jumlah pembelian pakaian, dimana rata-rata konsumen membeli 60% pakaian lebih banyak dibandingkan 15 tahun lalu. Terlebih, secara global ada 56 juta ton baju yang dibeli setiap tahunnya dan angka ini diprediksi akan mengalami peningkatan hingga 93 juta ton di tahun 2030 dan 160 juta ton di tahun 2050. 


Banyaknya jumlah sampah fesyen yang dihasilkan saat ini pun tidak sebanding dengan jumlah sampah fesyen yang di daur ulang. Turut dilansir oleh BBC (2020), secara global hanya 12% material yang digunakan untuk pakaian akhirnya di daur ulang. Adapun bahan polyester yang banyak di daur ulang oleh berbagai merek kekinian ternyata banyak berasal dari sampah botol, bukan dari sampah pakaian itu sendiri. Padahal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah fesyen, salah satunya dengan melakukan upcycle!


Menurut Putri (2018), upcycle merupakan cara baru untuk memanfaatkan barang-barang bekas atau sampah di sekitar menjadi suatu benda yang memiliki manfaat lain, salah satunya dengan memanfaatkan pakaian yang kamu miliki untuk jadi barang baru, nih! Yuk kita intip beberapa channel YouTube yang bisa jadi referensi kamu untuk melakukan upcycle!


  1. BlueprintDIY



Channel ini enak banget buat kamu tonton meskipun kamu merasa bahwa DIY bukan kamu banget! Di channel ini juga dibahas mengenai gimana caranya upcycle tanpa perlu menggunakan mesin jahit!


  1. The Lineup



Kalau kamu suka banget sama model pakaian yang aesthetic, yuk cek channel ini! Disin, Julia Dang melakukan banyak upcycle pakaian bergaya scandinavian yang cantik dan tentunya minimalis serta tanpa perlu menggunakan mesin jahit!

  1. JENeration DIY




Channel YouTube ini tidak hanya bahas terkait upcycle pakaian kamu, tapi juga cara-cara membuat dekorasi rumah sendiri, bahkan sampai cover lagu!





Judul Informasi : Yuk, Upcycle!
Penulis : -
Kategori : Blog
Tahun Penerbit : -
Sumber Referensi : -
Fokus Isu : Sustainability
Materi terkait
Video
Dea Karina | 17 Nov 2021
Mengenal Eco Enzyme, Manfaat dan Ca ...
Jurnal
Dea Karina | 04 Nov 2021
Bumi di Bawah Tekanan: COVID-19 dan ...
Laporan
Anggoro Riyadi Putra | 01 Nov 2021
Laporan Kegiatan Jambore Indonesia ...
Video
Dea Karina | 28 Oct 2021
Pengelolaan E Waste di DKI Jakarta
Video
Melynda Dwi Puspita | 24 Oct 2021
Seberapa Banyak Sampah Plastik di D ...
Video
Dea Karina | 21 Oct 2021
Seberapa banyak Makanan yang terbua ...
Jurnal
Fiqih Akbar | 19 Oct 2021
Peran Pemuda sebagai penggerak dala ...
;