Peringati world Clean Up Day 2020, Ayu Senang Bisa Menabung di Bank Sampah Setara

DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANGKA | 14 Oct 2020

Pemkab Bangka melali Dinas Ligkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka memperingati World Clean Upd day 2020 atau Hari Kebersihan Dunia yang jatuh pada 19 Septeber 2020 dengan melaksanakan aksi Clean Up (gotong-royong membersihkan lingkungan). Selain itu juga dilakukan aksi pilah sampah dari rumah untuk dibawa atau disetorkan ke Bank Sampah Setara (Sejahtera dan Mulia) di Kantor DLH Kabupaten Bangka.

Kepala DLH Kabupaten Bangka, Meinalina mengatakan untuk mendukung peringatan World Clean Up 2020 yang mengambil tema Bersatu untuk Indonesia Besih, Pemkab Bangka melalui DLH Kabupaten Bangka sejak kemarin, Jumat (18/09/2020) sudah melaksanakan aksi bersih lingkungan mulai lingkungan Hakok hingga Pantai Matras Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat melibatkan komponen masyarakat stempat pada sore hari.

"Sebelumnya pada pagi hari Jumat (18/09/2020) Pemkab Bangka juga sudah melaksanakan aksi Program Jumat Bersih di Kawasan Hutan Kta Sungailiat, THR Batin Tikal, GOR Sungailiat dan lokasi lainnya," kata meinalina.

Ditambahkannya, pada puncak peringatan World Clean Up Day 2020 pada hari ini DLH membuka layanan pembelian sampah yang dikumpulkan masyarakat untuk dijual ke Bank Sampah Setara di Kantor DLH Kabupaten Bangka.

"Hari ini kita melakukan kegiatan memilah sampah dari rumah dan mengolah sampah, jadi kita pilah mana sampah organik dan sampah anorganik, dimana sampah organik bisa dijadikan bahan pupuk kompos sedangkan sampah anorganik dimanfaatkan sebagai bahan baku lainnya," kata Meinalina.

Diungkapkan Meinalina, saat ini DLH Kabupaten Bangka memiliki 3 buah Bank Sampah yaitu Bank Sampah Setara di Kantor DLH Kabupaten Bangka untuk melayani seluruh OPD dan masyarakat sekitar daerah ini.

"Alhamdulillah Bank Sampah ini sudah berjalan selama dua tahun hingga saat ini dan dua bank sampah lainnya di Kelurahan Sri Menanti dan Desa Karya Makmur Pemali . Jadi kami sangat peduli dan serius dalam mengurus dan menangani bank sampah ini," ungkap Meinalina.

Dilanjutkannya pada hari ini DLH membuka layanan dan menerima sampah yang sudah dipilah masyarakat sendiri dari rumah untuk ditimbang dan dijual ke Bank Sampah.

"Para nasabah Bank Sampah ini sudah memiliki buku tabungan tersendiri bagi nasabah yang ingin menabung uang hasil sampah yang sudah dijual atau dikumpulkannya , tetapi ada juga masyarakat yang ingin mendapatkan uang cash langsung usai menjual sampahnya juga kita layani," tandas Meinalina.


Diakuinya dengan adanya layanan Bank Sampah ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dan mengatasi masalah persampahan di Kabupaten Bangka dengan melibatkan masyarakat langsung untuk memilahnya sendiri dari rumah masing-masing.

"Sampai saat ini sudah cukup banyak dan cukup antusias masyarakat yang memanfaatkan keberadaan bank sampah ini, seperti ada sekitar 65 OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Polres Bangka dan masyarakat sekitar sini menyetorkan sampah ke bank sampah untuk di tabung," ungkap Meinalina.

Sementara itu Ayu , Ibu Rumah Tangga (IRT) warga perumahan RSS Sungailiat mengaku sudah satu tahun lebih menjadi nasabah Bank Sampah Setara di Kantor DLH Kabupaten Bangka ini.

"Saya merasa senang bisa memilah dan mengumpulkan sampah dari rumah sendiri dan ternyata sampah ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang atau bisa dijadikan tabungan, saya sampai saat ini belum ada mengambilkan yang hasil tabungan di bank sampah ini semuanya masih saya kumpulkan atau tabungkan uangnya disini," kata Ayu yang datang bersama anaknya untuk menabung sampah di Bank Sampah.

Diakuinya, ia merasa senang dengan adanya bank sampah ini bisa membantu ibu-ibu rumah tangga untuk mendapatkan tambahan penghasilan bagi keluarga dari kegiatan memilah dan mengumpulkan sampah dari rumah masing-masing.

"Biasanya sampah itu kita buang begitu saja ke tong sampah , tetapi saat ini ternyata bermanfaat dan bisa menghasilkan tabungan uang yang bisa kita manfaatkan saat ada keperluan," kata Ayu.

Materi terkait
Laporan
fai | 21 Oct 2020
Global E-Waste Monitor 2017
Berita
Esa Khairina Husen | 02 Oct 2020
Press Release Jambore Indonesia Ber ...
Blog
Esa Khairina Husen | 02 Oct 2020
Di Tengah Pandemi, Ratusan Pegiat P ...
Panduan
Amelia Majid | 16 Sep 2020
Lembar Kerja Pelatihan "Kita dan Sa ...
;